Object Oriented Programing (OOP) (Class & Objek)


Object Oriented Programing (OOP) atau yang lebih dikenal dengan pemrograman berorientasi objek adalah suatu teknik atau pendekatan baru dalam dunia pemrograman. Sebelum teknik OOP populer para programmer sering menggunakan teknik prosedural dalam membuat program untuk kebutuhan-kebutuhan mereka. Selanjutnya ketika OOP ternyata lebih mampu menyelesaikan masalah daripada teknik prosedural, sebagian besar programmer mulai menggunakan teknik OOP.
Class:
Class adalah rancangan/sketsa/blueprint dari sebuah objek. Sebelum kita dapat membuat sebuah objek maka kita harus membuat rancangannya terlebih dahulu. Secara umum class memiliki dua macam anggota yaitu field dan method. Field dapat diartikan sebagai atribut dari object sedangkan method dapat diartikan sebagai aksi/tindakan yang dapat dilakukan oleh sebuah object. Contohnya jika sebuah perusahaan ingin membut motor keluaran terbaru, maka sebelumnya perusahaan tersebut harus membuat rancangannya terlebih dahulu, rancangan tersebut bisa berupa gambar/ sketsa.


Mari kita ambil contoh. Misalnya kita memiliki class bernama sapi. Field dari class Sapi dapat kita katakan sebagai apa saja yang dimiliki oleh sapi (contoh: jumlah kaki, nama sapi, umur sapi). Sedangkan method dari class sapi dapat dikatakan sebagai apa saja yang dapat dilakukan oleh seekor sapi (contoh: makan, minum, tidur, berjalan). Ketika merancang sebuah aplikasi, biasanya class digambarkan dalam bentuk class diagram. Berikut adalah class diagram dari class Sapi yang telah kita bicarakan tadi.
Objek:
Objek adalah realisasi dari sebuah class. Ketika kita mebuat sebuah clas, tidak berarti kita membuat objek. Bayangkan jika kita menjadi seorang dewa. Lalu kita menentukan bahwa ada jenis makhluk bernama sapi di bumi. Hal ini dapat disamakan dengan kita membuat sebuah class bernama Sapi. Ketika kita menciptakan seekor napi, seekor sapi itulah yang disebut objek. Dibawah dapat dikatakan bahwa sapi (kanan) disebut objek dan sketsa sapi (kiri) disebut class.


Nah, sekarang bagaimana? kalian sudah membedakan mana class dan mana objek. Jika belum silahkan dibaca lagi dan dipahami lagi kedua bagian tersebut.








No comments:

Post a Comment

STMIK Nusa Mandiri Melakukan Sosialisasi Pencegahan Penyebaran COVID-19 Kepada Masyarakat

Perguruan tinggi merupakan sebuah tempat untuk menggali ilmu serta mengembangkan keilmuan yang didapat selama proses belajar dan mengaj...