Pengabdian Masyarakat Dengan Tema “Membuat Format Juduk dan Tabel Pada Microsoft Excel” Untuk Guru-guru PAUD



Sebagaimana dijelaskan dalam Tridharma Perguruan Tinggi, setiap dosen di wajibkan untuk melakukan Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Masyarakat. Salah satunya dengan melakukan pengabdian kepada masyarakat yang berlokasi di PAUD Baitul Hidayah dengan peserta para guru PAUD. Dimana guru-guru PAUD ini sangat aktif dan antusias dalam kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan untuk meningkatkan ilmu dan pengetahuan yang mungkin nantinya akan berguna bagi kegiatan para guru-guru dalam kegiatan sehari-harinya. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan pada tanggal 18 Maret 2018 dan lokasi PAUD Baitul Hidayah beralamat di Jl.Berlian 1 Perumahan Jatikramat Indah II Jatiasih Bekasi, Jawa Barat, Telp 0817 9868850.


         Selain dosen yang menjadi tutor dari pengabdian masyarakat ini STMIK Nusa Mandiri Jakarta juga mengikutsertakan mahasiswanya untuk ikut serta dalam pengabdian masyarakat ini Tema dari pengabdian masyarakat ini adalah pelatihan “Membuat Format Judul dan Tabel Pada Microsoft Excel”. Pelatihan ini sangat bermanfaat menambah ilmu pengetahaun mengenai komputerisasi data dan sebagai penunjang bagi para guru dalam hal mempermudah pengelolaan data para siswanya. Tambahan yang didapat selama mengikuti pengabdian sehingga memudahkan dalam mengerjakan pengolahan data absensi maupun nilai yang berkaitan dengan tabel menggunakan Ms.Excel untuk mengetahui  mengenai pembelajaran mengenal pembuatan tabel dan modifikasi tampilan tabel dengan microsoft excel selain itu memberikan gambaran bahwa Ms.excel tidak hanya digunakan untuk membuat tabel data saja  tetapi bisa digunakan menggunakan rumus secara otomatis sehingga jika para guru membuat data nilai maupun absensi tidak perlu menghitung nilai secara manual, hanya tinggal memasukkan rumus yang diinginkan makan angka akumulasi akan keluar secara otomatis.


Menurut Ibu Wida Prima Mustika, M.Kom selaku Tutor menyampaikan bahwa tujuan dari pelaksanaan Pengabdian Masyarakat yang dilakukan STMIK Nusa Mandiri adalah penerapan dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yang berupa pelatihan dan menyampaikan pengetahuan mengenai teknologi bagi masyarakat khususnya untuk para guru PAUD Baitul Hidayah. Adapun bentuk kegiatannya adalah pelaksanaan pengabdian Masyarakat dalam bentuk pengajaran seperti pelatihan, pemaparan teori serta praktek yang dilakukan di PAUD Baitul Hidayah.
Di bawah tanggung jawab Bapak  Dr. Mochamad Wahyudi, MM, M.Kom, M.Pd dan Ibu Siti Marlina, M.Kom sebagai Ketua Pelaksana serta Ibu Wida Prima Mustika, M.Kom selaku Tutor dengan anggotanya Ibu Yuyun Yuningsih, M.Kom dan Bapak Syarif Hidayatulloh, M.Kom, Norma Wijayanti dan Syifa Sintia Al Kautsar selaku mahasiswa STMIK Nusa Mandiri yang ikut serta dalam pengabdian masyarakat ini. Pelaksanaan Pengabdian Masyarakat berjalan dengan lancar dan peserta sangat antusias dalam mengikuti kegiatan Pengabdian Masyarakat dan sangat senang dengan ilmu komputer. Dalam  kegiatan Pengabdian Masyarakat ini, peserta mendapatkan modul pengabdian masyarakat dan Sertifikat.
Melalui cara ini lah dosen-dosen STMIK Nusa Mandiri Jakarta mengabdikan dirinya. Pengabdian kepada masyarakat ini bersifat secara terus-menerus, dosen-dosen STMIK Nusa Mandiri Jakarta berencana untuk melakukan pengabdian kepada masyarakat di tempat-tempat lain agar mereka dapat membagikan ilmu mereka kepada masyarakat melalui pengajaran. 

No comments:

Post a Comment

STMIK Nusa Mandiri Melakukan Sosialisasi Pencegahan Penyebaran COVID-19 Kepada Masyarakat

Perguruan tinggi merupakan sebuah tempat untuk menggali ilmu serta mengembangkan keilmuan yang didapat selama proses belajar dan mengaj...